Posted by: blogkuw | July 23, 2007

Membangun Kepercayaan Diri

mr_bean_anime.jpg

Pernah ga sih kamu ngalamin yang namanya krisis kepercayaan diri atau “gak PD”? Pasti pernah. Tentunya perasaan semacam ini ngganggu banget yaa… mau kemana-mana ga pede. mau ngapa-ngapain juga nggak pede. ujung-ujungnya ga ada yang bisa kita lakuin. Contohnya aja kita mo ikutan lomba nyanyi. Cuma gara-gara peserta yang lain cantik-cantik, bajunya keren-keren…, kita nggak jadi ikutan lomba. Padahal kita belum tentu kalah, karena kamu sebenernya punya suara yang lebih dibanding mereka. Cuma rasa “ga PD” kamu bisa nutupin kelebihan yang kamu punya. Wah, yang kayak gini nih perlu dibasmi. 

Makanya, di bawah ini saya mempunyai beberapa tips untuk mengatasi rasa “gak PD” itu :

  1. Evaluasi diri secara obyektif
  2. Beri penghargaan yang jujur terhadap diri
  3. Positive thinking
  4. Gunakan self-affirmation
  5. Berani mengambil resiko
  6. Belajar bersyukur
  7. Menetapkan tujuan yang realistik.

 

 

 

1. Evaluasi diri secara obyektif, Susunlah daftar “kekayaan” pribadi, seperti prestasi yang pernah diraih, sifat-sifat positif, potensi diri baik yang sudah diaktualisasikan maupun yang belum, keahlian yang dimiliki, serta kesempatan atau pun sarana yang mendukung kemajuan diri.

2. Beri penghargaan yang jujur terhadap diri, hargailah sekecil apapun keberhasilan dan potensi yang kamu miliki. Ketidakmampuan menghargai diri sendiri, mendorong munculnya keinginan yang tidak realistik dan berlebihan, seperti ingin cantik, ingin cepat kaya, dsb yang ditempuh dengan segala macam cara justru akan menutupi keaslian diri.

3. Positive thinking, perangi persepsi buruk yang muncul dari dalam diri. Katakan : no body perfect atau it’s okay if I made a mistake.

4. Gunakan self-affirmation, yakni yang bisa membangkitkan rasa percaya diri. Contohnya: Saya pasti bisa !!

5. Berani mengambil resiko, dengan pemahaman diri yang baik, kita akan sadar tantangan yang akan dihadapi. Dan setiap resiko itu bukan untuk kita hindari, tetapi kita menggunakan strategi untuk mencegah dan mengatasinya. Ingat: No Risk, No Gain.

6. Belajar bersyukur, orang yang paling menderita hidupnya adalah orang yang tidak bisa bersyukur pada Tuhan atas apa yang telah diterimanya dalam hidup”, karena ia tidak bisa bersyukur atas semua berkat, kekayaan, kelimpahan, prestasi, pekerjaan, kemampuan, keahlian, uang, keberhasilan, kegagalan, kesulitan serta berbagai pengalaman hidupnya. Maka,belajarlah bersyukur atas apapun yang kau alami agar hidupmu dipenuhi kebahagiaan dan percayalah bahwa Tuhan pasti menginginkan yang terbaik untuk hidupmu.

7. Menetapkan tujuan yang realistik. Dengan menerapkan tujuan yang lebih realistik, maka akan memudahkan anda dalam mencapai tujuan tersebut

Nha….  Setelah mencoba tips-tips yang saya kasih, moga-moga kepercayaan diri kita bisa tumbuh dan kita bisa melakukan apa yang kita mau capai.

CHaiYoOOo !! ^-^


Responses

  1. LuMaYan Nieee, BauT eHh saLah BuaT hehe contoh org males ngapus😀 Buat Pengembangan diri….

    Thx ya DaiYahhhhh MuacHh hehehe

  2. wes,, top bngt sh saran2 nya semoga ini bisa membantu gw dlm menghadapi krisis kepercayaan diri gw saat ini,dan gw berharap hal ini tidak akan terjadi dlm diri gw yg kadang2 sering dtng tiba2.

    thanks yauh,,,
    bye

  3. mosh2,,,buat yg lg pda krisis kprcayaan bgs bngt th,kita bisa menerapkan nya saat kita sedang dlm mengatasi mslh tsb.apa lg bgi cwe2 yg kdng ga pd nya dtng secara tiba2 gt dech,,,

    sukses yahhhh
    thx,,,
    byee


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: